Tips Merawat Printer

Standard

Dewasa ini warna yang dipergunakan dalam industri percetakan adalah CMYK, yang mana Color Sytem Processnya membagi-bagi warna menjadi 4 warna dasar yaitu Cyan ( C ), Magenta ( M ), Yellow ( Y ), dan Black ( K ). Sedangkan RGB Color System biasa dipergunakan dalam industri visual elektronik, seperti TV. Walaupun warna RGB bisa dipergunakan dalam pencetakan tetapi hasilnya tidak sebagus bila menggunakan warna CMYK. Warna RGB cenderung lebih pucat dibanding warna CMYK.

Alat cetak pun terus berkembang, semakin hari semakin canggih. Harganya variatif, ada yang sangat mahal ada juga yang murah. Salah satu alat cetak yang murah adalah printer, walaupun murah sangat disayangkan jika kita merawatnya.berikut ini 5 tips untuk merawat printeragar tahan lama :

  1. Jangan diamkan tinta untuk waktu yang terlalu lama karena head print akan kering dan macet. Hidupkan printer tiap hari, atau paling tidak 3 hari sekali. Hal ini harus dilakukan secara rutin. Tujuannya adalah agar head print menjadi hangat dan tinta menjadi kembali encer. Jika head print kering maka hasil cetakan akan bergaris-garis sehingga harus di head cleaning berulang kali. Head cleaning yang terlalu sering dapat merusak head print, disamping itu juga konsumsi tinta menjadi boros karena pada saat head cleaning tinta akan dibuang.
  2. Hindari menggunakan kertas yang tidak sesuai spesifikasi (tebal kertas melebihi spesifikasi printer). Pencetakan kertas diluar spesifikasi akan membuat motor printer bekerja terlalu keras. Lama kelamaan jalannya roda penarik akan menjadi tidak normal. Jadi jangan terlalu sering mencetak dengan kertas yang terlalu tebal (diluar spesifikasi printer).
  3. Periksalah dengan rutin tempat pembuangan tinta, jangan sampai tempat pembuangan tinta menjadi penuh.
  4. Bersihkan printer secara berkala dengan meniup debu yang terdapat di dalam printer menggunakan blower.
  5. Biasakan untuk menutup printer bila tidak dipakai. Tutuplah printer dengan kain agar debu tidak masuk. Bila dibiarkan terbuka, debu akan menumpuk di dalam printer. Debu juga dapat mempengaruhi kinerja printer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s